BAB 14
DESAIN DAN PENGENDALIAN ORGANISASI INTERNASIONAL
A. ULASAN SINGKAT
Desain organisasi merupakan
pola keseluruhan dari komponen struktural dan konfigurasi yang digunakan untuk
mengelola keseluruhan organisasi. Desain yang paling sesuai dari suatu
organisasi tergantung pada beberapa faktor. Para manajer juga menyadari bahwa
desain organisasi merupakan suatu proses yang evolusioner. Ketika suatu
perusahaan pertama kali mulai beroperasi secara internasional, mereka biasanya
harus mengubah desainnya dalam satu cara atau lebih. Perubahan tersebut dapat
melibatkan pendekatan wajar, kemudian menciptakan sebuah divisi internasional.
Setelah sebuah perusahaan
telah menetapkan sebuah eksistensi internasional yang signifikan, mereka biasanya akan
mengembangkan suatu desain organisasi global. Pendekatan yang paling umum untuk
desain organisasi global adalah desain produk global, desain area global,
desain fungsional global, desain pelanggan global, serta desain matriks global.
Masing-masing pendekatan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri
dan satu pendekatan dapat lebih sesuai untuk beberapa perusahaan dibandingkan yang
lainnya. Tentu saja, banyak perusahaan yang sebenarnya menggunakan desain
global hybrid yang paling sesuai
dengan kebutuhan mereka.
Sejumlah MNC juga harus
membuat keputusan lain terkait desain organisasi. Keputusan paling penting
adalah yang terkait dengan sentralisasi versus desentralisasi, peran dari dewan
direksi anak perusahaan serta mekanisme koordinasi mana yang akan digunakan.
Jaringan manajemen informal merupakan mekanisme yang sangat berguna untuk
koordinasi.
Pengendalian merupakan
proses mengawasi dan mengatur aktivitas dari suatu perusahaan sehingga komponen
yang ditargetkan dari kinerja tercapai dan terpelihara. Bagi suatu MNC,
pengendalian harus dikelola baik pada level perusahaan maupun pada
masing-masing anak perusahaan. Sebagian besar MNC biasanya menetapkan
pengendalian pada tiga level. Pengendalian strategis mengawasi seberapa baik
suatu perusahaan internasional merumuskan strategi dan mencoba
mengimplementasikannya. Pengendalian keuangan merupakan area khusus yang
penting dari pengendalian strategis dalam bisnis internasional karena
pengendalian keuangan yang buruk dapat melemahkan kemampuan suatu perusahaan
untuk bersaing secara global. Pengendalian organisasi melibatkan desain dari
perusahaan. Ketiga bentuk dasar dari pengendalian organisasi adalah
pengendalian pusat pertanggungjawaban, pengendalian strategis generik, dan
pengendalian proses perencanaan. Pengendalian operasi secara khusus berfokus
pada prosedur dan sistem informasi dalam perusahaan.
Ketika perusahaan
internasional menetapkan sistem pengendalian, pertama mereka menetapkan standar
pengendalian , kemudian mengukur kinerja aktual. Selanjutnya mereka
membandingkan kinerja terhadap standar dan menanggapi penyimpangan.
Teknik-teknik pengendalian dasar meliputi sistem akuntansi, prosedur dan rasio
kinerja. Para manajer internasional juga perlu memahami aspek perilaku dari
pengendalian, seperti mengapa orang menolak pengendalian dan bagaimana
mengatasi penolakan tersebut. Faktor-faktor budaya merupakan unsur yang penting
dalam menghadapi aspek perilaku dari pengendalian.
B. PERTANYAAN DISKUSI
14-10. Jika
suatu organisasi mulai beroperasi dengan sebuah perspektif-global, akankah
mereka perlu mengalami setiap dampak awal dari aktivitas internasional pada
desain organisasi? Mengapa atau mengapa tidak?
ü Ya, suatu
strategi yang ditujukan untuk peningkatan internasionalisasi akan memiliki
dampak pada desain organisasi perusahaan tersebut. Contohnya, meskipun Lenovo
baru berumur sekitar 30 tahun perusahaan tersebut telah melalui lusinan
perubahan besar dalam desain organisasi, begitu juga ratusan perubahan yang
dihadapi.
14-11. Apakah
para manajer dari perusahaan internasional perlu mendekati desain organisasi
dengan cara berbeda dari mitranya di perusahaan domestik? Mengapa atau mengapa
tidak?
ü Ya perlu, ketika
menjual ke para pelanggan asing memiliki perbedaan penting disbanding ketika
menjual ke pelanggan domestik, departemen ekspor dapat melaluinya dengan hanya
mengetahui sedikit mengenai pasar asing. Namun demikian, seiring meningkatnya
aktivitas internasional, perusahaan biasanya menemukan suatu departemen ekspor
tidak lagi melayani kebutuhan mereka, Segera setelah sebuah perusahaan
memutuskan untuk menempatkan para pegawainya atau mendirikan anak perusahaan asing
untuk memproduksi, mendistribusikan, atau memasarkan produk-produknya, tanggung
jawab manajerial, kerumitan koordinasi, serta persyaratan informasi semuanya
berkembang diluar kemampuan dan keahlian departemen ekspor. Pengetahuan
mengetahui pasar asing menjadi semakin penting sehingga metode-metode baru
untuk mengorganisasi mungkin dibutuhkan.
14-12. Bagaimana
pendekatan produk, area, fungsional, dan pelanggan global terhadap desain organisasi
berbeda? Bagaimana persamaannya?
ü Masing-masing
pendekatan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, dan satu
pendekatan dapat sesuai untuk beberapa perusahaan dibandingkan yang lainnya.
Setiap bentuk organisasi internasional yang dijelaskan mewakili suatu jenis
yang ideal atau murni, seperti yang ditentukan sebagian melalui ukuran,
strategi, teknologi, lingkungan, dan budaya perusahaan.
14-13. Mengapa
suatu desain matriks global sifatnya hampir selalu transisional?
ü Dengan
menggunakan sebuah desain matriks global, suatu perusahaan dapat membentuk kelompok
produk spesifik yang terdiri dari para anggota departemen fungsional yang telah
ada. Kelompok produk ini kemudian dapat merencanakan, mendesain, mengembangkan,
memproduksi, dan memasarkan produk-produk terbarunya dengan input yang sesuai dari masing-masing area
fungsional. Melalui tindakan tersebut perusahaan dapat mendukung keahlian
fungsional dan produk dari para pegawainya. Setelah suatu tugas pengembangan
produk diselesaikan, kelompok produk dapat dibubarkan; anggota-anggotanya
kemudian akan berpindah ke penugasan baru. Tentu saja, pengaturan matriks
lainnya akan mungkin dilakukan.
14-14. Mengapa
pengendalian merupakan fungsi manajemen yang penting dalam bisnis
internasional?
ü Karena pengendalian merupakan proses dalam mengawasi
kinerja berkelanjutan dan membuat perubahan-perubahan yang diperlukan untuk
menjaga perusahaan tetap bergerak ke arah tujuannya.
Terdapat
tiga level utama di mana pengendalian diimplementasikan dan dikelola dalam
sebuah bisnis internasional yaitu pengendalian strategis, organisasi, dan
operasi.
1.
Pengendalian
strategis mengawasi seberapa baik suatu perusahaan internasional merumuskan
strategi dan mencoba mengimplementasikannya.
2.
Pengendalian
organisasi melibatkan desain dari perusahaan, bentuk dasar dari pengendalian
organisasi adalah pengendalian pusat pertanggungjawaban, pengendalian strategis
generik, dan pengendalian proses perencanaan.
3.
Pengendalian
operasi berfokus pada proses dan sistem operasi dalam perusahaan dan anak
perusahaannya serta unit operasinya.
14-15. Apakah menurut Anda ketiga jenis umum dari
pengendalian organisasi internasional terpisah satu sama lain? Jelaskan alasan
Anda!
ü Ya terpisah, karena ketiga jenis umum dari
pengendalian tersebut berbeda namun ketiga jenis umum tersebut mempunyai
keterkaitan satu sama lain karena ketiga jenis umum dari pengendalian
organisasi internasional masing-masing memiliki peranan pentingnya sendiri,
ketiga jenis umum dari pengendalian ini juga penting secara bersamaan sebagai
sebuah kerangka kerja pengorganisasian bagi para manajer yang digunakan dalam
pendekatan pengendalian internasional dari sebuah perspektif yang komprehensif
dan terintegrasi.
14-16. Bentuk
manakah dari sistem pengendalian yang paling Anda inginkan dan paling Anda
hindari untuk pekerjaan Anda sendiri? Mengapa?
ü Menurut
kelompok kami,
sistem pengendalian yang kami
inginkan yaitu pengendalian strategis, pengendalian operasi, dan pengendalian
organisasi karena ketiga pengendalian tersebut merupakan tiga level utama
dimana pengendalian dapat diimplementasikan dan dikelola dalam sebuah isi dan
ketiga level ini penting secara bersamaan sebagai sebuah kerangka kerja
pengorganisasian bagi para manajer yang diinginkan dalam pendekatan
pengendalian internasional dari sebuah perspektif yang komprehensif dan
terintegrasi. Untuk pengendalian yang harus dihindari menurut kelompok kami
tidak ada yang perlu dihindari karena ketiga level pengendalian itu sudah menjadi kerangka kerja dalam suatu
perusahaan atau pekerjaan.
14-17. Teknik
pengendalian manakah yang paling mungkin disesuaikan ke peraturan
internasional? Manakah yang hanya ekstensi dari operasi domestik?
ü Teknik pengendalian yang mungkin
disesuaikan ke peraturan internasional yaitu sistem akuntansi karena
prosedur-prosedur dalam sistem akuntansi ini diatur sangat ketat dan harus
mengikuti metode—metode yang telah ditetapkan oleh pemerintah nasional.
C. MEMBANGUN KETRAMPILAN GLOBAL
Diasumsikan bahwa kelompok
kami merupakan dewan direksi dari suatu perusahaan besar, Unipro Incorporated,
yang selama beberapa tahun mengikuti suatu strategi produk tunggal. Mereka memproduksi
pesawat jet kecil dan menjualnya ke seluruh dunia. Produk-produknya yang
merupakan pemimpin di pasar Amerika Utara, Asia, dan Eropa juga laris di Amerika Selatan dan Afrika. Oleh karena
strategi produk tunggalnya, Unipro membuat suatu desain organisasi fungsional
global, yang masih digunakan.
Dewan memiliki kekhawatiran
terhadap ketergantungan perusahaan pada produk tunggal, sehingga beberapa tahun
yang lalu mereka memutuskan untuk mendiversifikasi perusahaan. Selama empat
tahun perusahaan telah membeli beberapa bisnis lain:
1. General Chemical
(berbasis di Inggris, hampir 90% dari pendapatannya berasal dari Eropa)
2. Total Software
(berbasis di Kanada; sebagian besar pendapatannya berasal dari Amerika Utara
dan Eropa)
3. Pleasure Park
(sebuah taman hiburan di Jepang)
4. Fundamental
Foods (sebuah perusahaan pemrosesan makanan besar dengan operasi yang kuat di
Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang)
Saat
ini strategi diversifikasi Unipro telah diimplementasikan secara penuh, kami
sebagai dewan melihat bahwa perlu untuk mengubah desain organisasi perusahaan
agar sesuai dengan bauran bisnis yang baru. Hanya didasarkan pada informasi
yang kami punya, kami bertugas merancang sebuah desain organisasi baru untuk
perusahaan.
14-18. Bagaimana persamaan dan perbedaan desain
organisasi kelompok Anda dengan kelompok lain? (dalam hal ini kami mengambil
kelompok lain itu adalah desain sebelumnya dari perusahaan)
ü Kami mencoba desain dari Unipro Corporated yang
pada awalnya menggunakan desain fungsional global. Kami mencoba merubah desain
dari fungsional global menjadi desain
pelanggan global. Dengan merubah desain pelanggan global harapan dari kami
Unipro dapat melayani keinginan dari setiap pelanggannnya yang beraneka ragam.
Desain ini juga banyak sekali oleh perusahaan ternama lainnya seperti Kodak.
Dalam hal ini Kodak menggunakan desain pelanggan global yang bertujuan untuk
berbagai kelompok pelanggan yang ditargetkan oleh suatu perusahaan berbeda
sehingga banyak membutuhkan pendekatan pemasaran yang sangat beragam. Kami kira
itu merupakan persamaan desain yang digunakan oleh Unipro dengan perusahaan Kodak.
14-19. Apa
yang Anda lihat sebagai keunggulan dan kelemahan terbesar dari desain organisasi
kelompok Anda?
ü Untuk keunggulan terbesar dari desain kami yang baru
yakni kami dapat memenuhi permintaan pelanggan yang berbeda-beda dengan
pendekatan yang berbeda pula. Untuk kelemahannya sendiri mungkin perusahaan
masih kurang fokus dengan desain yang
kami rancang ini. Mungkin perusahaan kurang fokus dalam memenuhi
kebutuhan dari pelanggan yang beraneka ragam dikarenakan banyaknya perbedaan
permintaan untuk setiap pelanggannya dan ini sangat menguras banyak waktu dan
tenaga dikarenakan untuk mengurusi masalah seperti ini.
14-20. Apa
informasi tambahan yang akan mempermudah Anda dalam mengembangkan suatu desain
organisasi baru untuk Unipro?
ü Untuk informasi tambahan yang mempermudah dalam
mengembangkan desain baru sendiri untuk Unipro yakni kami lebih mudah untuk
mengetahui dan mengelompokkan permintaan pelanggan yang beraneka ragam.
saya memberikan pujian kepada mr pedro cukup atas bantuannya dalam mengamankan pinjaman untuk membeli rumah baru kami untuk keluarga kami. pedro adalah kekayaan informasi dan dia membantu mendidik saya dan keluarga saya mengapa pinjaman rumah adalah pilihan terbaik untuk situasi khusus kami. setelah berunding dengan pedro jerome dan penasihat keuangan kami semua orang setuju bahwa pinjaman rumah adalah solusi yang tepat. Anda dapat menghubungi mr pedro jerome jika Anda juga mencari pinjaman apa pun di email / email whatsapp: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +1-8632310632
BalasHapus