LAPORAN
OBSERVASI “SEGO NJAMOER”
PAPER
KEWIRAUSAHAAN
Oleh:
1. Kartika
Ayu W. (13080574037)
2. Fryta
Ganita (13080574038)
3. Rachmawati
Tus S. (13080574109)
4. Bimota
Primanda N. (13080574115)
5. Abdul
Aziz (13080574169)
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS
EKONOMI
JURUSAN
MANAJEMEN
2015
Buatlah laporan observasi pada
bisnis “Sego Njamoer” terkait dengan materi :
1.
Analisis
peluang usaha yang ada.
2.
Persiapan
sumber daya yang harus ada.
3.
Tingkat
persaingan dikaitkan dengan sifat pasarnya.
4.
Strategi
bisnis yang harus dilakukan.
Laporan bisnis “Sego Njamoer” :
1.
Analisis
peluang usaha yang ada :
Peluang usaha “Sego
Njamoer” dapat dikatakan cukup tinggi, ini dikarenakan jenis produk ini sangat
unik. “Sego Njamoer” mengangkat produk berupa sego dalam bahasa jawa yang berarti nasi. Seperti namanya, nasi
yang diciptakan ini dilengkapi dengn lauk jamur diatasnya. Yang membuat unik
selain jamur sebagai lauk, kemasan yang diusung dalam produk ini adalah nasi
dalam kemasan instan, yang mana di Indonesia masih merupakan produk yang
benar-benar baru.
2.
Persiapan
sumber daya yang harus ada :
Ø Sumber daya manusia :
Dalam bisnis ini, sumber daya manusia tidak banyak diperlukan karena “Sego
Njamoer” termasuk dalam bisnis franchise yang mana hanya membutuhkan 1 atau 2
orang untuk melayani konsumen.
Ø Sumber daya bahan baku
: Sumber daya bahan baku yang ada dalam bisnis ini ada yang dipasok dari pusat,
ada pula yang di supply dari supplier terpilih.
Ø Sumber daya
operasional : Dalam bisnis ini didukung dengan operasional listrik untuk alat
elektronik dan pencahayaan.
Ø Sumber daya modal :
Untuk mitra yang ingin membuka franchise “Sego Njamoer” hanya perlu merogoh
receh sebanyak Rp 15.364.000. Tidak ada sistem bagi hasil, mitra hanya perlu
membayar Rp 1.000.00 / 2 tahun untuk menggunakan nama brand “Sego Njamoer”.
3.
Tingkat
persaingan dengan sifat pasarnya :
Tingkat persaingannya
masih tergolong rendah, karena sifat pasarnya yang hanya meliputi area kampus
sehingga masyarakat umum belum terlalu mengenal adanya produk “Sego Njamoer”
4.
Strategi
bisnis yang harus dilakukan :
·
Inovasi
produk dengan tambahan varian rasa,serta tampilan yang lebih unik dan memukau.
·
Pelayanan
yang ramah pada konsumen.
·
Membuka
franchise baru pada lokasi yang lebih berpeluang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar